Home » , » Kekurangan Pakan Ikan Buatan Pabrik

31/03/13

Kekurangan Pakan Ikan Buatan Pabrik

Disamping ada kelebihan, tentu ada kekurangan termasuk pakan buatan pabrik. Sebagai peternak Anda sebaiknya tahu akan hal ini, karena dampak yg nantinya ditimbulkan sangat mempengaruhi hasil usaha budidaya. Inilah beberapa kelemahan atau kekurangan pakan ikan buatan pabrik

  • Harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan pakan buatan sendiri, Ini mungkin dikarenakan ongkos produksi, promosi, distribusi, dan penyimpanan. Berdasarkan pengalamam, hasil panen bobot yg diperoleh hampir berimbang dengan bobot penggunaan pakan buatan pabrik.
  • Kandungan gizinya sudah ditentukan dan kebanyakan kurang, terutama kadar protein yg diperlukan ikan peliharaan air kolam yg seharusnya 35 - 50 % agar pertumbuhannya baik
  • Pakan buatan pabrik rata-rata banyak mengandung dedak atau kedelai sehingga kadar serat masih terlalu tinggi ( melebihi batas ). Serat menyebabkan penyerapan nutrisi yg diperlukan untuk pertumbuhan menjadi terhambat serta menimbulkan masalah pada sistem pencernaan.
  • Jika pakan terlalu lama disimpan, ini bisa merusak kandungan gizi dalam pakan. apalagi jika penyimpanannya sembarangan.
  • Proses pencampuran bahan-bahan pakan kurang merata, karena dilakukan oleh mesin. Hal ini mungkin agar proses produksi bisa cepat dan mencapai target.
Hati-hati dalam menggunakan pakan buatan pabrik! Sebaiknya mulai sekarang belajar untuk membuat pakan sendiri untuk mengantisipasi kenaikan harga. Jika kita sudah bisa membuat sendiri tentu kita bisa berusaha untuk mencari solusi terhadap kenaikan harga pakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...