Home » » Ikan Cupang

31/03/13

Ikan Cupang

Ikan Cupang telah banyak dikembangbiakkan dalam berbagai variasi, kira-kira ada sekitar 13 warna yang berbeda dgn berbagai macam ekor. Seekor cupang jantan dapat dengan mudah dikenali melalui siripnya yang panjang dan mengalir. Sedangkan untuk cupang betina, memiliki ukuran ekor lebih kecil daripada jantan. Cupang adalah ikan tropis yg memerlukan air hangat untuk dapat hidup dengan baik. Cupang bisa mati jika
suhu diruangan tempat mereka disimpan rendah. Agar bisa hidup dengan baik, sebaiknya ditempatkan dalam air dgn volume kira-kira 3 galon serta suhu air dalam kisaran 80-85 F dengan PH 7.

Cupang jantan memiliki karakter cenderung ingin menguasai wilayah, artinya ia tidak ingin melihat yang lain mendekatinya, oleh karena itu sebaiknya cupang jantan jangan disimpan dalam satu akuarium yang sama. Lebih baik hanya satu jantan dengan beberapa ekor cupang betina; Pastikan untuk cupang betina diberikan banyak ruang persembunyian yang baik didalam akuarium. Cupang jantan tidak hanya agresif terhadap jantan lainnya, ia juga akan mengejar cupang betina yg berada disekitarnya dan apabila tanpa tempat persembunyian yang cocok, maka cupang betina bisa menjadi stres.

Hewan air ini cocok ditempatkan dengan ikan pedang serta gurami kecil. Anda dapat memberi makan makanan cupang dengan pelet khusus, akan tetapi perlu beberapa waktu untuk cupang mengenali makanannya. Jika dalam beberapa hari pelet tsb tidak dimakan, maka anda harus menggantinya dengan jenis makanan lain spt cacing rambut atau larva nyamuk. Bila Anda akan membeli cupang, anda harus memilih kondisi fisik cupang yang energik. Anda dapat mengamatinya dari sirip. Apabila siripnya lemah, biasanya ia sakit atau menderita stres. Jangan membeli cupang yang berukuran besar karena biasanya ia sudah tua, dan tidak akan dapat hidup untuk waktu yang lama dalam akuarium Anda. Perhatikan juga lebih dekat pada kulit dan siripnya, cupang sensitif terhadap parasit eksternal, dan cupang banyak menderita penyakit "ich" dan "beludru". Belilah langsung dari peternak yang terpercaya, karena anda bisa mendapatkan ikan cupang dengan kualitas jauh lebih tinggi dan ia akan lebih cocok untuk pembibitan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...