Home » , , » Bentuk atau Jenis Pakan Buatan Ikan Peliharaan Air Tawar

31/03/13

Bentuk atau Jenis Pakan Buatan Ikan Peliharaan Air Tawar

Macam-macam bentuk serta jenis pakan buatan untuk ikan peliharaan air tawar sebetulnya banyak sekali. Namun secara umum dapat kita golongkan menjadi 3 golongan, yaitu: pakan kering, lembab dan basah.
Bentuk Pakan Kering
Pakan kering dapat dibuat dalam bentuk pelet, remah (crumble), butiran (granular), tepung(meal atau mash), dan lembaran (flake). Pelet dapat dibuat dalam beragam bentuk dan jenis, seperti batang, bulat atau gilik (bulat memanjang). Ukuran panjang dan diameternya disesuaikan dengan ukuran ikan peliharaan yg akan diberi makan. Ukuran pelet berkisar antara 3 - 3,5 mm. Daya tahan atau kekerasan pelet dipengaruhi oleh bahan baku, cara membuatnya dan penggunaan perekatnya. Bentuk remah, butiran dan tepung sebenarnya berasal dari pelet yg digiling lalu diayak dgn mata ayakan tertentu sesuai dengan bentuk yg diinginkan.
Bentuk Pakan Lembab
Bentuk Pakan lembab dapat berupa bola atau bakso, dan roti kukus (cake). Sebelum diumpankan untuk burayak, roti kukus tadi dihancurkan didalam air sambil disaring dengan ukuran mata saringan tertentu sehingga menjadi bentuk suspensi. Jenis pakan lembab berbentuk bakso cocok untuk salam. Untuk pakan basah umumnya berbentuk bubur atau pasta (paste). Berikut ini tabel Bentuk atau Jenis Pakan Buatan untuk Ikan Peliharaan Air Tawar


Bentuk pakan ikan
Bentuk pakan basah bisa juga berbentuk larutan suspensi. Jenis pakan buatan ini diperuntukkan bagi makanan burayak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...