Home » » Bahan Pakan Tambahan Ikan Karnivora dan Omnivora

31/03/13

Bahan Pakan Tambahan Ikan Karnivora dan Omnivora

Bahan pakan hewani umumnya sangat disukai oleh berbagai jenis ikan karnivora dan omnivora. Pakan ini merupakan sumber protein yg dapat mendorong laju pertumbuhan hewan air peliharaan ini. Jenis pakan hewani sangat banyak, tetapi yg disukai diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Daging siput dapat digunakan sebagai pakan alami mentah setelah dicincang terlebih dahulu. Namun sebelumnya direbus terlebih dahulu untuk mencegah penularan bibit penyakit. Jenis-jenis siput yg biasa diberikan, contohnya siput darat atau bekicot dan siput air tawar (keong gondang, keong sawah, siput murbei, dan keong mas)
  • Banyak jenis serangga yg disukai hewan air karnivora dan omnivora. Diantara serangga-serangga tsb ada beberapa jenis yg potensial untuk dibudidayakan secara intensif dan massal sebagai pakan hewani, seperti ulat hongkong, jentik nyamuk , ulat sutra dan jangkrik. Ada 2 jenis jangkrik yang digunakan untuk pakan, yaitu jangkrik coklat dan jangkrik genggong.
  • binatang air karnivora dan omnivora terutama, sangat menyukai cacing. Berikut ini beberapa jenis cacing yang sangat digemari: cacing rambut atau cacing sutra, cacing merah, cacing kalung
  • Penggunaan zooplankton sebagai pakan tambahan terutama dilakukan untuk pasca burayak dan benih, udang, kepiting dan kerang-kerangan dipanti pembenihan. Zooplankton diumpankan selagi masih hidup dan segar.
Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan anda.

2 komentar:

  1. saya perlu tambahkan Biji-bijian, mengandung protein, karbohidrat dan lemak, misalnya pecahan
    beras, katul, jagung giling, pelet. salam http://abonikan.net/

    BalasHapus
  2. Kalo Ikan Black Ghost Makanan Nya Apa Ya....

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...