Home » , , » Cara Tepat Memberi Makanan Ikan Cupang

31/03/13

Cara Tepat Memberi Makanan Ikan Cupang

Setiap orang mungkin bisa saja memberi makan ikan cupang, tapi cara-cara yg dilakukan belum tentu tepat. Apakah anda tahu bagaimana pengaruhnya apabila cara pemberian makanan yg dilakukan dengan cara kurang tepat bisa menyebabkan cupang anda sakit dan stress.
Berikut ini adalah pilar utama tentang bagaimana cara yg tepat dalam memberi makanan pada cupang:

  • Cupang sangat menyukai cacing rambut atau jentik nyamuk di bandingkan dengan pelet sebagai makanannya. Saya sarankan jangan menggunakan pelet sebagai sumber utama makanan cupang.
  • Jangan memberikan makanan cupang terlalu banyak atau berlebihan. Hal ini dikarenakan sisa-sisa makanan yg ada di dalam kolam atau aquarium dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit pada cupang. Selain itu ia akan mengalami pembusukan dan menimbulkan pencemaran air.
  • Cupang tergolong ikan yg selektif dalam memilih makanannya. Ia menyukai makanan yg terapung dipermukaan air dibandingkan dengan makanan yg didasar air. Jadi jatuhkan makanan cupang sedikit demi sedikit dan pastikan terlihat olehnya sambil anda pastikan ia telah memakannya.
  • Jika dalam 15 menit, cupang tidak mau memakannya, segera keluarkan makanan dari dalam air. Hal ini demi menjaga kebersihan air. Hindari penggunaan air yg mengandung kaporit.
  • Apabila anda memelihara cupang dalam aquarium, lakukan pembersihan minimal 1 minggu sekali. Tapi jika anda memelihara cupang di dalam kolam yg besar cukup menjaga kualitas air. Pastikan kondisi air tidak berbau atau berwarna.
  • Untuk cupang yg masih kecil, sebaiknya diberi makanan kutu air
Semoga dengan cara tepat memberi makan ikan cupang, Anda terinspirasi untuk mengembangbiakan cupang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...